Iklan Nyeleneh Tapi Masih Syar’i

iklan nyeleneh tapi syar'i simple studio online jasa desain company profile logo poster kemasan booklet majalah 2

Tidak sengaja, beberapa hari lalu datang ke sebuah apotik langganan untuk membeli obat. Ada sebuah iklan yang terpasang di apotik tersebut yang cukup unik. Selama ini luput dari pandangan karena meletakkannya di antara 2 rak, sehingga agak tertutup.

 

Konsep yang Tidak Mudah

 

Iklan itu sendiri agak unik. Uniknya karena copywritingnya yang disusun sedemikian rupa sehingga bisa terkesan lucu, tapi benar. Bahkan bisa terkesan nyeleneh, tapi masih syar’i. Nyeleneh karena menggunakan kata “berdiri” dimana secara umum (apalagi pandangan laki-laki yang relatif “ngeres” hehehe) diartikan dengan alat kelamin. Namun masih terkesan syar’i, karena ada kata “istri” di sana. Kata ini masih lebih “syar’i” daripada kata-kata “pasangan” yang biasa disebutkan di iklan-iklan kondom atau kata-kata “wanitanya” seperti yang sering diungkapkan seorang motivator. Kata “istri” ini tentu merujuk kepada perempuan yang “sah menjadi istrinya”.

 

Eksekusi copywriting dengan “berdiri untuk sang istri” itu dirasa sangat “powerful”, karena memang mengandung makna “ambigu”. Berdiri apa nih? Melindungi istri atau … (silahkan jawab). Tapi justru di situ letak kecerdasan sang pembuat iklan. Kita yang tinggal membaca dan menganalisa mungkin mudah. Tapi untuk yang membuatnya, bisa jadi dia sudah “bertapa seminggu lebih” untuk mendapatkan copywriting itu. Belum lagi kata-kata “pria sejati” yang dihubungkan sebelum kalimat tadi, membuat rangkaian copywriting tadi makin powerful.

 

Konsep yang Tidak Mudah Bisa Jadi Mudah dalam Eksekusinya

 

Betapa pun sulitnya membuat konsep iklan di atas, namun kenyataannya, eksekusinya bisa sangat mudah. Penggambaran elemen grafis dengan simbol “laki-laki” besar dan menutup tulisan secara umum itu tentu mudah dieksekusi. Bisa jadi desainer amatir yang baru belajar pun sangat mudah mengeksekusinya.

 

 

Buat para pebisnis dan marketer, ketika kita coba memasarkan sebuah produk/jasa, bisa jadi kita harus fokus dulu pada kematangan konsep. karena kematangan konsep itu akan memberikan hasil yang jauh lebih powerful daripada sekedar grafis yang “eye catching”. Kematangan konsep bisa membidik segmen pasar kita  dengan tepat dan berbicara kepada mereka dengan cara yang “tepat”.

 

iklan company profile jasa desain logo kemasan poster kalender simple studio online