Kartu Nama Tidak Dibutuhkan Lagi di Zaman Digital? Tunggu Dulu…

Simple Studio Online Desain Kartu Nama Fufluns

 

Mungkin banyak yang berpendapat, buat apa lagi kartu nama di era digial ini? Bukankah semua data kontak (beserta alamat) bisa direkam dengan baik di smartphone kita? Bukankah justru itu lebih praktis? Lalu buat apa lagi kartu nama “konvensional”? Fakta berikut ini mungkin akan membuat Anda berpikir ulang untuk”membuang” fungsi kartu nama konvensional tersebut.

 

Tradisi

 

Salah satu “tradisi” yang sudah jamak terjadi saat berkenalan atau bertemu relasi baru adalah “meminta kartu nama”. Hal ini bisa terjadi saat kita bertemu orang yang benar-benar baru, tanpa persiapan sebelumnya atau bahkan bertemu orang baru yang sudah ada janji sebelumnya. Kata-kata “ada kartu nama nggak?” atau “Boleh minta kartu namanya?” adalah kata-kata yang biasa. Kata-kata tersebut bisa jadi sekedar basa-basi atau memang digunakan sebagai “ice breaking” sebelum pembicaraan dimulai ke level yang lebih serius.

 

Bayangkan jika ditanya seperti itu dan kita tidak bisa provide kartu nama. Kesan seperti apa yang akan timbul di benak calon relasi kita tersebut yang bisa jadi juga calon konsumen / klien. Betapa pun era digital sudah demikian dominan, sampai saat ini “tradisi” bertukar kartu nama saat bertemu pertama kali itu masih demikian kuat, sehingga Anda perlu bersiap dengan hal ini.

 

Fungsi Branding

 

Salah satu yang tidak bisa diabaikan dari kartu nama adalah branding. Bisa jadi soal nomor kontak, kita tinggal add contact di smartphone lalu simpan. Bisa jadi kalau soal alamat, kita tinggal browsing saja di internet lalu save. Tapi apa sebenarnya fungsi kartu nama yang paling dominan saat ini? Ya, branding!

 

Saat seseorang meminta kartu nama kita atau pun kita yang dengan inisiatif sendiri menyodorkan kartu nama kita, maka relasi baru kita tersebut akan melakukan “scanning” secara cepat melalu desain kartu nama kita dan mulai membangun persepsi berdasarkan kartu nama tersebut. Dari benda kecil “bernama” kartu nama tersebut, seseorang bisa langsung terbaca, apakah ia “profesional atau abal-abal”.

 

KIta bisa saja mengklaim bahwa kita “profesional”, tapi jika tampilan kartu nama kita memperlihatkan sebaliknya, justru akan memperlihatkan bahwa kita cuma “tukang klaim” saja. Desain kartu nama kita bisa memperlihatkan siapa kita dan bagaimana kita menghargai sebuah profesionalisme. Dengan desain kartu nama yang ideal, brand perusahaan / institusi kita akan meningkat di mata relasi-relasi kita.

 

 

Membangun Kepercayaan Alam Bawah Sadar

 

Perusahaan kita boleh kecil, baru berdiri, start up atau apalah istilahnya. Tetapi kita bisa menampakkan diri sebagai perusahaan besar hanya dengan desain kartu nama yang sangat profesional. Saat bertukar kartu nama, ketika calon klien kita melihat tampilan kartu nama kita yang elegan, modern, profesional, mereka akan “lebih percaya” kepada perusahaan / institusi kita tersebut.

 

Tak peduli perusahaan kita berkantor di sebuah gang sempit. Atau kantor kita hanyalah sebuah petak berukuran 3 x 3 meter. Namun saat meeting di sebuah restoran terkenal dan bertukar kartu nama yang elegan tersebut, persepsi awal konsumen akan langsung positif. Alama bawah sadar mereka akan langsung membantu kita dengan menegaskan bahwa kita layak dipercaya. Kartu nama adalah wajah simbolik perusahaan kita saat berkenalan dengan orang lain, maka persiapkanlah dengan baik momen tersebut.

 

iklan company profile jasa desain logo kemasan poster kalender simple studio online