Membangun Brand Itu Penting

Membangun Brand untuk Kepercayaan Konsumen

Sebagian orang masih percaya jika memilih taksi, maka mereka memilih naik Blue Bird. Terutama untuk penumpang wanita dan lebih khusus lagi malam hari. Mengapa bisa demikian? Apa karena kompetitor sedikit? Bukan! Karena memang brand Blue Bird itu sudah demikian tertancap di benak konsumen tentang kualitas dan “keamanannya”. Apakah karena juga harga taksi Blue Bird murah? Pasti tidak… Blue Bird adalah yang paling malah dalam dunia “per-taksi-an”. Tetapi memang sebagian konsumen merasa “terjamin” keamanannya ketika menggunakan taksi ini.

 

membangun brand

 

Kasus taksi Blue Bird ini adalah sampel bagaimana pentingnya membangun brand. Blue Bird sendiri sudah membangun brand-nya sejak puluhan tahun lalu. Sebuah waktu yang tidak pendek. Mereka berusaha menjaga value produknya dengan sangat hati-hati ketika membangun brand ini. Efek konsistensi ini terasa pada kepercayaan yang diberikan konsumen saat ini. Blue Bird juga bisa “terbebas dari elastisitas harga”. Dimana dia bisa berperan sebagai price maker dan lainnya sebagai price taker. Hal ini menyebabkan dalam dunia “per-taksi-an” untuk taksi reguler hanya dikenal dua harga, yaitu harga Blue Bird dan “tarif bawah”.

 

Membangun brand bukanlah perkara mudah. Ia adalah proses yang panjang dan butuh konsistensi dalam membangunnya. Setidaknya butuh minimal 5 tahun dalam proses membangun brand ini. Bahkan yang sering kali terjadi, membangun brand ini bisa lebih lama lagi. Namun bagi mereka yang konsisten, mereka bisa menikmatinya saat brand mereka begitu kuat tertancap di mata konsumen.

 

Kasus perseteruan antara manajemen Mc Donalds Indonesia dengan Bambang Rachmadi sebagai bagian dari pemegang saham bisa menjadi contoh betapa membangun brand itu tidak mudah, bahkan bagi mereka yang “eks orang dalam” sekali pun. Bambang yang membangun brand Tony Jack’s Indonesia tak mampu mempertahankan restoran barunya lebih lama lagi karena kalah bersaing dengan brand lama yang sudah dibesarkannya “Mc Donalds”. Bahkan Mc Donalds Sarinah yang sangat fenomenal bisa dikuasai pihak manajemen Mc Donalds Indonesia lagi setelag sebelumnya “dikuasai” Tony Jack’s Indonesia.

 

Membangun Brand Penting Bagi Sustainabilitas Bisnis

Betapa pun sulitnya membangun brand, namun ia wajib dilakukan oleh semua business owner demi sustainabilitas bisnisnya. Sebab, pertarungan aslinya bukan berlangsung di media, di iklan-iklan atau di toko-toko. Pertarungan aslinya berlangsung di benak konsumen. Dan karenanya kita harus berlomba “membenamkan” brand kita di benak konsumen. Branding yang dilakukan jangan dihitung sebagai cost jangka panjang. Tetapi sebagai investasi jangka panjang.

 

Setelah kita mendefinisikan value yang akan di deliver, penting juga bagi kita untuk mengkomunikasikan brand kita. Salah satu caranya dengan memperhatikan tampilan visual brand kita seperti logo, company profile, brosur, poster, kemasan produk, desain lay out toko, dll. Hire-lah konsultan profesional untuk mengeksekusi masalah visual ini agar brand kita terlihat lebih profesional dan terpercaya.

 

Simple Studio Online Jasa Desain Company Profile