Pentingnya Komunikasi Visual : Bahasa yang Perlu Dipahami Para Pebisnis dan Marketer

 

pentingnya komunikasi visual

 

Setiap hari kita berbicara dengan bahasa-bahasa, ada bahasa verbal (bahasa lisan dan bahasa tulisan), sampai dengan bahasa tubuh. Konon kabarnya, ketika kita berkomunikasi, bahasa tubuh menyampaikan pesan yang “lebih jujur” daripada bahasa-bahasa verbal. Bahkan ada yang menyebutkan bahasa-bahasa tubuh yang sepertinya “tidak disadari” itu, menyampaikan pesan hingga 70%, lebih banyak dari bahasa verbal yang diucapkan. Contoh kecil bahasa tubuh adalah misalnya ketika anda berbicara dengan seseorang, lalu ia meletakkan kedua tangannya di atas meja dan duduknya condong ke arah anda, maka ia merasa nyaman dengan perbincangan itu. Tetapi kalau dia selalu melihat jam tangan, maka bisa jadi ia ingin bilang, “saya ingin segera pergi”.

 

Bahasa Visual yang Perlu Dipahami

Dalam dunia marketing, ada satu bahasa lagi yang perlu diperhatikan oleh para pebisnis dan marketer, yaitu bahasa visual. Bahasa ini bisa jadi salah satu bahasa terdepan yang kita gunakan ketika menyampaikan pesan ke calon konsumen atau calon klien. Sayangnya, sebagian besar pebisnis dan marketer tidak menyadari tentang fungsi pentingnya bahasa ini. Padahal bahasa inilah yang digunakan untuk “bercakap-cakap” antara produk/jasa kita dengan konsumennya.

 

Sebagian bahasa ini bisa menyampaikan pesan secara langsung dan sebagian lagi bahkan masuk ke alam bawah sadar calon konsumen atau calon klien kita. Beberapa bahasa visual bisa diperlihatkan saat kita memilih  warna, bentuk, jenis huruf, tipe lay out sampai dengan ilustrasi yang digunakan dalam sebuah identitas atau material promosi kita.

 

Bagi yang tidak mengerti, mereka menganggap bahwa bahasa-bahasa visual itu tidak ada atau mungkin tidak diperlukan. Namun bagi mereka yang mengerti, bahasa-bahasa visual itu mereka gunakan semaksimal mungkin untuk meningkatkan performa marketing dari produk/jasa mereka. Sebagai contoh, dua brosur yang menyampaikan pesan yang sama, tetapi di desain secara berbeda. Brosur satu hanya didesain sekedar ada, tak memperhatikan bahasa-bahasa visual ini, sementara brosur kedua sangat memperhatikannya. Pada brosur kedua, pemilihan warna, bentuk, jenis font, tipe lay out sampai dengan ilustrasi dibuat dengan sangat hati-hati. Akibatnya brosur kedua lebih bisa menyampaikan pesan dengan maksimal daripada brosur satu. Tentunya, ujung-ujungnya bisa meningkatkan penjualan.

 

Penerapan Bahasa Visual

Simple Studio Online Desain Kemasan Packaging shifa freshBeberapa contoh penerapan bahasa visual ini misalnya, kita menggunakan warna merah untuk membangkitkan selera makan. Warna kuning biasa digunakan untuk menunjukkan keceriaan. Sementara itu warna hijau digunakan untuk memperlihatkan kesegaran. Bentuk bersudut digunakan untuk menunjukkan ketegasan sementara bentuk lingkaran atau lengkungan digunakan untuk menunjukkan flesibilitas. Jenis font tak berkaki biasa digunakan untuk memperlihatkan suasana modernitas, sementara font berkaki bisa digunakan untuk menunjukkan suasana forrmalitas. Kita juga bisa melihat tipe lay out yang serba simetris secara positif diartikan sebagai sesuatu yang kokoh tetapi sisi negatifnya ia bisa terkesan kaku. Penerapan-penerapan ini bisa digunakan pada logo, stationary, brosur, company profile, kemasan produk, poster, dll.

Penggunaan banyak tipe font mungkin cukup cocok untuk desain bagi anak-anak/remaja, untuk poster aktivitas mereka misalnya. Tetapi menggunakan terlalu banyak font pada media promosi bagi kalangan menengah atas atau mereka yang sudah mature sangat tidak direkomendasikan, sebab hal itu justru menimbulkan kesan “norak” atau kampungan, kurang elegan dan tidak prestise. Desain minimalis mungkin tak dimengerti oleh mereka di kalangan bawah, sementara ia menjadi kebutuhan bagi kalangan atas yang hidupnya sudah dipenuhi aktivitas dan memiliki waktu terbatas.

 

Bahasa Visual agar Produk/Jasa Kita Menjadi Relevan

Para pebisnis dan marketer harus paham bahasa visual ini agar pesan-pesan yang mereka sampaikan dalam identitas dan marketing tools perusahaan/brand produk/jasa mereka menjadi relevan dengan pasar yang dituju. Hal ini penting agar mereka “merasa relevan” dengan produk/jasa kita. Relevansi ini adalah awal untuk menciptakan koneksivitas antara pasar dengan produk/jasa kita. Setelah koneksi terjadi, kita bisa mulai meyakinkan mereka untuk menggunakan produk/jasa kita. Lebih jauh lagi, bahasa-bahasa visual ini bisa membantu konsumen kita terikat secara emosional dan menciptakan loyalitas bagi produk/jasa kita. Dan bagian paling ujungnya adalah produk/jasa kita menjadi bagian penting bagi hidup konsumen/klien kita.

 

Sebagian mereka yang belum paham mungkin mengingkari adanya bahasa visual ini. Tapi kadang mereka tak bisa mengerti, kenapa mereka sampai membeli sebuah produk dengan kemasan yang menurut mereka menarik padahal secara konten produk “biasa saja”. Mereka juga (bisa jadi) sulit menjelaskan kenapa mereka membeli sebuah produk dengan desain yang spesial, entah itu HP, gadget, sampai yang kecil-kecil seperti pulpen, mouse, sampai dengan cangkir mungkin. Hanya karena mereka “suka” dengan bentuknya.

 

Bahasa-bahasa visual ini sebenarnya sudah menyatu dengan kehidupan kita, hanya saja sebagiannya tidak menyadari atau tidak mendefinisikan. Bagi konsumen ini mungkin tidak terlalu penting, tetapi “wajib” dipahami bagi para pebisnis dan marketer agar mereka bisa “menjangkau” konsumen secara lebih baik.

 

Kita mungkin tak perlu mengerti secara detil, tetapi setidaknya kita paham bahwa bahasa-bahasa visual ini ada dan signifikan mempengaruhi pemasaran produk/jasa kita. Untuk eksekusinya, kita bisa memilih agensi komunikasi visual sesuai dengan kriteria yang kita inginkan. Tentunya mereka yang sudah berpengalaman cukup lama di bidang ini agar hasil yang diberikan jauh lebih maksimal.

 

Simple Studio Online
Solusi Komunikasi Visual untuk Bisnis Anda

www.SimpleStudioOnline.com
Graha 98
Jl. Nanas Raya No. 98
Utan Kayu Selatan, Matraman, Jakarta Timur 13120
Twitter : @ssi_creative

Kontak Langsung
  • Telepon/fax kantor : 021-819-4214 (office hours)
  • HP/Mobile/Call/SMS : 0813-8650-8696 / Feisal (24 hours)
  • Whatsapp : 08778-105-1905 (24 hours)
  • Email : SimpleStudioOnline@gmail.com (24 hours)