Visualisasikan Keunggulan Produk Anda dengan Desain Profesional

Desain Profesional dan Perannya dalam Memvisualisasikan Keunggulan

Dunia bisnis adalah dunia persaingan dan itu tak bisa dielakkan. Setiap hari kita bermain dengan persepsi konsumen atas produk kita dan atas produk kompetitor. Namun, perjuangan merebut hati konsumen tak bisa berhenti dengan menjual masalah konten saja, ia juga bicara masalah konteks. Sebab di era sekarang ini, hanya menjual konten bisa jadi sangat tertinggal. Keunggulan apa yang anda sampaikan, bisa jadi juga dimiliki oleh produk lain, bahkan jangan-jangan mereka lebih hebat.

 

Simple Studio Online ilustrasi memvisualisasikan keunggulan produk dengan desain profesional

 

Mungkin anda pernah mendengar ada produk yang “biasa-biasa saja” tetapi laku. Sebaliknya, ada produk yang punya banyak kelebihan, tetapi penjualannya tidak begitu bagus. Adakah yang salah di sini? Jika ya, dimana letak kesalahannya. Disinilah konteks itu bermain. Ingat, konsumen adalah makhluk kompleks yang keputusannya dipengaruhi banyak hal. Sekedar menunjukkan kelebihan apalagi dengan bahasa-bahasa verbal saja akan terasa masih kurang. Kita perlu konteks, kita perlu penyemat konten.

 

Desain profesional bekerja pada sisi ini. Ia membungkus sebuah keunggulan yang sering kali lebih bersifat “rasionalistik” menjadi sesuatu yang lebih emosional. Jika anda punya produk coklat misalnya, apa yang anda jual? Bahannya yang berkualitaskah? Dibuat dalam 4 tahap kah? Atau tahan beku di suhu dingin? Atau yang anda jual justru : mengakrabkan suasana”, atau bisa jadi “membuat  persahabatan lebih kuat”, dst. Desain profesional berusaha membentuk persepsi value tersebut jauh mengungguli segala kelebihan yang anda tawarkan, bahkan yang ditawarkan kompetitor. Ia berbicara tentang keunggulan produk anda dalam bahasa visual, memberikan nilai lebih dari sekedar “coklat”.

 

 Simple Studio Online ilustrasi Butuh Jasa Desain Kemasan Produk  Profesional

 

Bagaimana Memvisualisasikan Keunggulan dengan Desain Profesional

Lalu bagaimana sebuah desain profesional bekerja memvisualisasikan keunggulan produk anda? Setidaknya ada 2 hal di sini: memvisualisasikan keunggulan rasionalistiknya dan memberikan value atas keunggulan tersebut. Memvisualisasikan keunggulan rasionalistiknya misalnya dengan memberikan foto produk terbaik pada kemasannya, melakukan retouching agar gambar lebih “mengundang selera”. Bisa juga pada produk elektronik misalnya, membuatkan infographic yang menarik soal kelebihan produk itu pada setiap POS materialsnya. Dan masih banyak lagi cara yang mungkin ditempuhnya.

 

Desain profesional juga bisa memberikan value atas keunggulan produk tersebut. Misalnya coklat tadi, visualisasi value ditunjukkan dengan foto talent yang sedang bercengkerama asyik sambil memakan coklat tersebut, pemilihan jenis tipografi yang terkesan santai dan mengakrabkan sampai dengan memilih elemen grafis yang mendukung pada berbagai POS materialsnya. Desain profesional bekerja dengan mengharmonisasi seluruh elemen grafis itu hingga memberi suatu kesan, yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

 

Simple Studio Online ilustrasi Butuh Jasa Desain Company Profile Profesional